Home » » Diagnosa dan Perbaikan Pada Periferal Komputer

Diagnosa dan Perbaikan Pada Periferal Komputer

“DIAGNOSA PERMASALAHAN PADA PERIFERAL”

I.            Macam Periferal
a.       Mouse
Mouse adalah peripheral yang digunakan untuk menggerakkan pointer/kursor Yang bergambar sebuah anak panah, Seperti yang anda lihat di depan monitor komputer anda atau dapat berubah-rubah jika melewati form tertentu, contohnya menjadi garis hitam vertikal ketika kamu mengetik di MS word atau nulis posting di blog. Selain itu juga memiliki fungsi lain yaitu memberi perintah yaitu klik kiri dan klik kanan. . Bernama mouse karena bentuknya seperti tikus dan mempunyai kabel yang menjulur seperti ekor tikus. Mouse dikategorikan sebagai sebuah Pointing Device (alat penunjuk/pemilih). Mouse ditemukan pertama kali pada tahun 1963 oleh penemu Amerika dari Stanford Research Institute yang bernama Dr. Douglass C. Engelbart. Mouse pertama kali terbuat dari kayu yang memiliki satu tombol kecil di sebelah kanan atasnya, kemudian memiliki dua roda besi kecil di dalamnya yang diberi nama “X-Y position indicator for a display system”. Dari fisiknya mouse ada 2 yaitu mouse trackball dan optic, Jenis-jenis mouse yang ada sampai saat ini berdasarkan portnya adalah :
·         Mouse Serial      : Mouse jenis sangat jarang digunakan. Biasanya digunakan oleh computer Pentium 1 dan 2.
·         Mouse PS/2        : Mouse jenis ini biasanya digunakan di komputer Pentium 3.
·         Mouse USB       : Mouse ini sudah umum digunakan Pentium 3 dan 4
·         Mouse Wireles : Mouse ini tidak memiliki kabel karena menggunakan teknologi wifi/wireless yang menggunakan sensor kecil berbentuk USB.

b.       Keyboard
Keyboard adalah Periferal yang digunakan untuk mengetik informasi ke dalam komputer dan menjalankan berbagai intruksi atau perintah ke dalam komputer. Penciptaan keyboard komputer diilhami oleh penciptaan mesin ketik yang dasar rancangannya dibuat oleh Christopher Latham tahun 1868. Jumlah tombol pada keyboard pada umumnya ada 104 yang disusun dalam bagian sebagai berikut :
·         Alphanumeric key
·         Numerik key
·         Function key
·         Modifier key
·         Cursor movement key
Jenis keyboard berdasarkan portnya ada 4 yaitu Keyboard serial, PS/2, USB, Wireless.
c.       Monitor
Monitor adalah peripheral output data tampilan grafis pada computer yang berupa sinyal elektronik atau layar visual yang menghubungkan antara manusia dengan computer. Hingga saat ini terdapat 3 teknologi monitor yaitu :
·         Cathode Ray Tube (CRT)
·         Liquid Crystal Display (LCD) atau Flat Display Panel (FDP) 
·         Plasma Gas atau Organic Light Emitting Diode (OLED)

d.       LCD Proyektor
LCD Proyektor adalah peripheral yang mengintegrasikan sumber cahaya, sistem optik, elektronik dan display dengan tujuan untuk memproyeksikan gambar atau video ke dinding atau layar. Pertama ditemukan tahun 1984 oleh seorang New York bernama Gene Dolgoff.

e.       Lightpen
Lightpen adalah peripheral elektronik yang berfungsi untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.

f.        Touchpad
Touchpad adalah peripheral yang menggantikan fungsi mouse. Biasanya touchpad berada di area keyboard pada laptop. Teknologi yang diterapkan pada touchpad adalah kapasitif sensor terhadap sentuhan jari. Terciptanya touchad terinovasi oleh mouse yang membutuhkan tempat yang rata dan cukup luas.

g.       Joystick
Joystick adalah peripheral yang digunakan untuk bermain game, dalam bahasa indonesia disebut tuas kontrol adalah alat masukan komputer yang berwujud tuas yang dapat bergerak ke segala arah. Alat ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer.

h.       Optical Disc Drive
Optical disc drive adalah alat pembaca untuk media penyimpan data berupa disk DVD / CD. DVD/ CD berupa kepingan cakram optik yang berisi data. Ada 2 jenis DVD/CD yaitu :
·         DVD atau CD ROM (Read Only Memory) yaitu hanya bisa membaca isi dari disk DVD / CD.
·         DVD atau CD RAM (Random Access Memory) yaitu bisa membaca ran menulis. DVD atau CD RAM lebih dikenal dengan istilah DVD-RW atau CD-RW (RW = Read Write).

i.         Printer
Printer adalah peripheral yang digunakan untuk mencetak dokumen atau gambar ke dalam kertas. Jenis printer ada beberapa macam yaitu :
·         Printer Dot Matrix   : Merupakan printer yang menggunakan pita sebagai alat percetakan.
·         Printer Ink Jet         : Alat cetak yang menggunakan tinta untuk mencetak. 
·         Printer Laser Jet     : Alat mencetaknya tidak menggunakan tinta melainkan menggunakan bubuk toner dan pencetakan menggunakan infra merah.

j.         Scanner
Scanner adalah peripheral yang dapat digunakan untuk memindai gambar ke dalam komputer. Jenis jenis scanner ada beberapa macam yaitu :
·         Flatbed Scanner      : Digunakan untuk memindai buku dan foto untuk pengarsipan.
·         Handheld Scanner   : Scanner ini berbentuk kecil, portable, dan sulit untuk memindai gambar karena ukurannya kecil.
·         Drum Scanner         : Scanner drum masih digunakan untuk reproduksi high-end, seperti pengarsipan foto di museum.

k.       Speaker
Speaker adalah perangkat elektronika yang terbuat dari logam dan memiliki membran, kumparan, serta magnet sebagai bagian yang saling melengkapi. Tanpa adanya membran, sebuah speaker tidak akan mengeluarkan bunyi. Pada umumnya jenis speaker ada tiga macam berdasarkan tinggi rendah bunyi yang dihasilkannya. Speaker dengan keluaran nada rendah biasa disebut woofer, speaker yang menghasilkan bunyi vokal atau nada menengah disebut midrange, sedangkan speaker dengan bunyi keluaran nada tinggi disebut twitter.
l.         Modem
Modem (modulator demodulator) adalah peripheral yang mengubah sinyal digital ke analog untuk mengirim data komputer melalui saluran telepon, Ada beberapa jenis modem yaitu :
·         Modem Internal merupakan sebuah kartu yang dipasangkan pada slot motherboard. keuntungan modem ini adalah cara pemasangannya mudah dan harganya relatif lebih murah.
·         Modem eksternal adalah modem yang dipasang diluar komputer, biasanya ditancapkan pada slot USB.
·         Modem yang menggunakan media kabel yaitu sebuahmodem yang menggunakan kabel sebagai media perantaranya ( contoh: TV kabel dan jaringan telepon)
·         Modem tanpa kabel, modem ini menggunakan media tanpa kabel untuk perantaranya (contoh:modem GSM, Modem CDMA dan lain-lain)
II.            Cara Kerja Periferal
a.       Mouse
Cara kerja Mouse yaitu :
Cara kerja periferal ini simple yaitu dengan kita menekan atau menggerakannya saja.Jika kita menekan tombol kiri atau biasa di sebut Click, maka akan muncul data objek yang di tunjuk kursor tergantung objek dan aplikasi yang di tunjuk.Jika menekan yang kanan atau biasa di sebut Drag, maka akan objek yang di tunjuk kursor akan bergeser atau tersalin ke objek lain tergantung data atu aplikasi yang di tunjuk kursor.

b.       Keyboard
Cara kerja keyboard adalah :
1.       Tombol keyboard di tekan.Ketika tombol di tekan maka tombol tersebut akan menekan sebuah karet   yang ada di bawah tombol.
2.       Keyboard controller menngirim kode untuk tombol yang di tekan ke buffer keyboard yang tugasnya mentransmisikan bentuk-bentuk kode biner.
3.       Controller keyboard mengirimkan inerrupt request ke software sistem dan sinyal yang di transmisikan akan berbentuk kode biner.
4.       Software sistem merespon interrupt dengan membaca kode dari buffer keyboard dan data yang berbentuk biner tersebut akan di generate oleh chip komputer.
5.       Software sistem mengirim kode ke CPU.Setelah kode biner di generate maka kode akan tampil kembali menjadi bentuk huruf yang sama seperti tombol yang di tekan pada keyboard.

c.       Monitor
Cara kerja monitor yaitu sebagai berikut :
·         CRT
Prinsip kerja monitor CRT (Cathode Ray Tube) adalah elektron ditembakkan dari belakang tabung gambar menuju bagian dalam tabung yang dilapisi elemen yang terbuat dari bagian yang memiliki kemampuan untuk memancarkan cahaya. Sinar elektron tersebut melewati serangkaian magnet kuat yang membelok-belokkan sinar menuju bagian-bagian tertentu dari tabung bagian dalam. Begitu sinar tersebut sampai ke bagian kaca tabung TV atau monitor dan menyinari lapisan lapisan yang menyebabkan lapisan tertentu memancarkan gambar
·         LCD
Pada sebuah panel LCD berwarna, setiap pixel terdiri atas tiga buah cell kristal cair. Setiap ketiga cell tersebut memiliki filter merah, hijau, atau biru (Red-Green-Blue/RGB). Sinar yang melewati cell yang terfilter tersebut akan menciptakan warna yang Anda lihat pada LCD.
·         Plasma
Teknologi ini menggunakan gas neon/xenon yang diapit dua lapisan pelat kaca. Kejutan listrik dimasukkan ke lapisan gas, yang langsung memberi reaksi berupa penciptaan elemen gambar (disebut sebagai pixel). Proses penciptaan gambar dilakukan langsung, tanpa diurai memakai proses lain seperti CRT atau RPTV. Tentu ini membuat kualitas gambar juga jadi lebih bagus. 
·         Touchscreen
cara kerja sebuah layar sentuh adalah menerjemahkan sentuhan yang diterima pada permukaan layar menjadi posisi koordinat pada layar, kemudian mengeksekusi perintah tertentu yang sesuai dengan gambar yang disentuh pada layar. Sebenarnya bukan gambar tersebut yang memicu eksekusi perintah, tetapi koordinat dari sentuhanlah yang memicu eksekusi perintah.
·         OLED
LED menggunakan cahaya pancaran diode (Light Emitting Diode) sebagai sumber cahaya televisi. LED menggunakan diode untuk membuat banyak vibrant dan image yang berwarna-warni. Warna hitam akan menajdi benar-benar hitam, bukan hitam abu-abu, dan warna LED lebih realistic dibandingkan monitor LCD. Monitor LED memiliki kontras rasio 500,000:1, juga refresh rate yang tinggi.
d.       LCD Proyektor
Cara kerja LCD Proyektor adalah sebagai berikut :
LCD Proyektor bekerja berdasarkan prinsip pembiasan cahaya yang dihasilkan oleh panel-panel LCD. Panel ini dibuat terpisah berdasarkan warna-warna dasar, merah, hijau dan biru (R-G-B) sehingga terdapat tiga panel LCD dalam sebuah proyektor. Warna gambar yang dikeluarkan oleh proyektor merupakan hasil pembiasan dari panel-panel LCD tersebut yang telah disatukan oleh sebuah prisma khusus. Gambar yang telah disatukan tersebut kemudian dilewatkan melalui lensa dan dijatuhkan pada layar sehingga dapat dilihat sebagai gambar utuh. 

e.       Lightpen
Cara kerja lightpen yaitu :
Penggunaan lightpen dilengkapi dengan papan gambar, dimana pada papan ini permukaannya terbagi menjadi ratusan area kecil dan area inilah yang kemudian dihubungkan dengan komputer.

f.        Touchpad
Cara kerja touchpad yaitu :
Mirip seperti mouse, touchpad memiliki tombol kiri dan kanan hanya saja pada laptop tombol kiri dan kanan terletak pada bagian bawahnya. Sedangkan diatasnya merupakan area sentuh yang membaca gerakan arah jari kita. Penggunaan touchpad cukup simpel. Anda hanya cukup menempelkan salah satu jari Anda (biasanya jari telunjuk) di area sentuh kemudian geser jari Anda di atas area sentuh ke arah yang Anda inginkan maka kursor pun akan bergeser sesuai arah gerak jari Anda.

g.       Joystick
Cara kerja joystick yaitu :
Cara kerja joystick sebenarnya cukup sederhana. Di bawah stick terdapat 2 lubang, yakni horizontal dan vertikal. Lubang-lubang tersebut berada pada sebuah  tangkai berbentuk lengkungan. Saat joystick digerakkan ke kanan atau kiri maka lubang di lengkungan vertikal akan bergerak karena dorongan stick, sebaliknya jika digerakkan ke atas atau bawah maka lubang di lengkungan horizontal akan bergerak karena dorongan stick. Setelah digerakkan, maka sensor di joystick akan menerima pergerakan dan menyampaikannya ke saluran yang terkoneksi.

h.       Optical Disc Drive
Cara kerja Optical Disc Drive :
Head Optical Disc Drive memancarkan sinar laser, sinar laser ini merambat melalui sebuah frisma, lalu kembali melalui leser maghnetik yang membuat sinar leser menjadi lebih fokus. Sinar leser ini ditembakan ke permukaan CD yang memiliki ribuan pit. Pit-pit ini diterjemahkan menjadi kode biner yang dapat diterima oleh CPU. Jika sinar leser mengenai pit, sinar ini akan dibenarkan tetapi jika tidak leser akan dipantulkan kembali lalu menembus prisma dan memasuki sebuah dioda. Dioda ini membangkitkan pulsa elektik setiap kali menerima sinar laser. Pulsa elektrik tersebuk berupa angka 1 dan 0, dengan kata lain menjadi kode biner.

i.         Printer
Cara kerja printer yaitu :
·         Printer Dot Matrix
Terdiri atas 7 atau 9 ataupun 24 jarum yang tersusun secara vertical dan membentuk sebuah kolom. Pada saat bekerja, jarum yang ada akan membentuk character images melalui gesekan-gesekan jarum pada karbon dan kertas.
·         Printer ink jet
Dengan cara menyemprotkan titik titik kecil tinta pada kertas melalui nozzle atau lubang pipa yang sangat kecil.
·         Printer Laser jet
Cara kerjanya yaitu :
1.       Kawat corona mengalirkan listrik statis yang membuat drum (photo conductor) bermuatan positif.
2.       Unit laser (exposition) menyorotkan sinar pada permukaan drum yang berputar sesuai dengan informasi yang diperoleh dari komputer. Dengan cara ini, laser menggambar huruf yang akan dicetak sebagai sebuah pola muatan listrik–sebuah citra listrik statis yang bermuatan negatif.
3.       Selanjutnya toner atau tinta berwujud serbuk ditaburkan pada drum. Karena toner bermuatan positif, akan menempel pada area bermuatan negatif pada drum, yaitu area yang tadi sudah disorot dengan sinar laser.
4.       Baki kertas memasukkan selembar kertas sehingga digiling oleh drum. Sebelumnya, kertas diberi muatan negatif oleh kawat corona. Muatan itu lebih besar dari muatan negatif citra listrik statis sehingga kertas dapat menarik serbuk toner yang bermuatan positif. Karena berputar dengan kecepatan yang sama dengan perputaran drum, kertas menyalin citra yang ada di drum.
5.       Kertas yang telah menyalin citra itu dilewatkan pada fuser, yakni sepasang penggulung yang dipanaskan. Saat melewati fuser, serbuk toner meleleh dan menempel kuat pada serat kertas. Kemudian kertas dikeluarkan ke baki output.
6.       Setelah citra listrik statis pada drum dipindahkan ke kertas, drum melewati lampu pembebasan. Sorotan lampu yang terang mengenai seluruh permukaan photoconductor dan menghapus citra listrik statisnya. Lalu, drum melewati kawat corona yang memberinya muatan positif kembali.
7.       Proses akan diulang lagi untuk pencetakan berikutnya


j.         Scanner
Cara kerja scanner yaitu :
·         Penekanan tombol mouse dari komputer menggerakkan pengendali kecepatan pada mesin scanner. mesin yang terletak dalam scanner tersebut mengendalikan pengiriman ke unit scanning
·         Kemudian unit scanning menempatkan proses pengiriman ke tempat atau jalur yang sesuai untuk langsung memulai scanning.
·         Nyala lampu yang terlihat menandakan bahwa kegiatan scanning sudah mulai dilakukan
·         Setelah nyala lampu sudah tidak ada, berarti proses scanning sudah selesai dan hasilnya dapat dilihat pada layar monitor
k.       Speaker
Cara kerja speaker yaitu :
Peripheral ini berfungsi sebagai tranduser untuk mengubah gelombang listrik elektromagnetik yang dihasilkan sebuah magnet dan kumparan (induktor) karena dialiri arus listrik. Getaran suara yang dihasilkan speaker akan seiring dengan sinyal elektrik yang diberikan pada kumparan yang ada di dalamnya. menjadi gelombang suara melalui getaran membran. Membran pada speaker bergetar akibat induksi
l.         Modem
Cara kerja modem yaitu :
Sebuah komputer mengirimkan informasi dalam bentuk sinyal digital. Informasi yang dikirim ini akan ditransmisikan dalam bentuk analog. Ketika modem ini mengirimkan data analog ini, maka modem tujuan akan kembali mengkonversi data analog tersebut menjadi digital.

III.            Jenis Kerusakan Periferal
a.       Mouse
·      Mouse tidak terdeteksi
·      Pointer meloncat-loncat

b.       Keyboard
·      Keyboard tidak terdeteksi
·      Beberapa tombol tidak berfungsi
·      Beberapa tombol menekan dengan sendirinya

c.       Monitor
·      Monitor tidak menyala/mati
·      Terdapat garis horizontal/vertical pada monitor
·      Tampilan monitor menjadi buram
·      Monitor seperti berkedip-kedip saat digunakan

d.       LCD Proyektor
·      Mati total
·      Tidak keluar cahaya lampu
·      Tampilan buram
·      Display tidak focus
·      Nyala sebentar lalu mati
·      Indikator LED nyala tetapi tidak bisa tampil display
·      Blank display

e.       Lightpen
·      Tidak terdeteksi
·      Kurang sensitive jika digunakan untuk menggambar

f.        Touchpad
·      Tidak peka terhadap sentuhan
·      kurang sensitive

g.       Joystick
·      Tidak terdeteksi
·      Beberapa tombol pada joystick dapat ditekan tapi tidak terdeteksi

h.       Optical Disc Drive
·      Tidak terdeteksi di windows
·      Tidak bisa keluar masuk CD
·      Tidak bisa membaca hanya menulis

i.         Printer
·      Warna cetakan kotor
·      Hasil cetakan buram
·      Tidak terdeteksi oleh komputer
·      Tidak mau digunakan untuk mencetak

j.         Scanner
·      Tidak terdeteksi oleh komputer
·      Tidak bisa memindai gambar atau tulisan

k.       Speaker
·      Suara pecah
·      Tidak terdeteksi oleh komputer
·      Suara tidak menentu, kadang besar kadang kecil
·      Speaker mati total

l.         Modem
·      Modem tidak bisa di konek ke internet
·      Tidak terdeteksi


IV.            Diagnosa Permasalahan Periferal
a.       Mouse
·      Kabel ada yang putus
·      Driver belum terinstall
·      Kabel belum dipasang

b.       Keyboard
·      Kabel ada yang putus
·      Kabel belum terpasang
·      Driver belum terinstall
·      Keyboard kotor/banyak debu

c.       Monitor
·      Kabel belum terpasang
·      Kabel ada yang putus
·      Belum terhubung ke listrik

d.       LCD Proyektor
·      Kabel VGA rusak
·      Kabel VGA belum terpasang
·      Driver belum terinstall

e.       Lightpen
·      Ujung pena kotor
·      Kabel tidak terpasang dengan baik

f.        Touchpad
·      Touchpad rusak
·      Terdapat banyak debu

g.       Joystick
·      Driver belum terinstall
·      Joystick rusak
·      Joystick kotor
·      Solderan ada yang rusak

h.       Optical Disc Drive
·      Banyak debu
·      Optic rusak

i.         Printer
·      Driver belum terinstall
·      Katrid rusak
·      Tinta habis
·      Selang tinta tersumbat

j.         Scanner
·      Driver belum terinstall
·      Banyak debu
·      Kabel belum terpasang dengan baik

k.       Speaker
·      Kabel tidak terpasang dengan baik
·      Transistor rusak
·      Diode rusak
·      Speaker rusak

l.         Modem
·      Tidak ada sinyal
·      Tidak ada pulsa
·      Driver belum terinstall



1 comments:

Translate